Keberhasilan Manusia Melawan Kiamat?

Roland Emmerich kembali memanjakan kita semua dengan adegan adegan spektakuler. Setelah berhasil menghasilkan karya dengan alur cerita bencana dunia yang didominasi dengan kecanggihan special effek yaitu Independence Day (1996) dan the Day After Tomorrow (2004), Emmerich kembali menyuguhkan tontonan yang kaya akan kecanggihan special effek.

Emmerich memanfaatkan issue global mengenai prediksi banyak orang terhadap “kiamat” atau “bencana besar” yang diperkirakan akan terjadi pada tahun 2012. Alur cerita sendiri sebenarnya sangat sederhana dan relative mudah ditebak. Cerita dimulai dengan penemuan seorang peneliti di India yang melihat adanya kecenderungan peningkatan suhu inti bumi dan kemudian bergulir menuju perjuangan seorang Jackson Curtis (John Cusack) untuk menyelamatkan anak dan mantan istrinya untuk menghindar dari bencana yang terjadi. Perjalanan berakhir di negeri China, dimana di tempat ini ternyata manusia telah menyiapkan diri untuk siap menghadapi bencana ini. Keterbatasan tempat menjadi kendala utama bagi penyelamatan umat manusia. Hasil akhir tentunya sudah dapat diprediksi dengan baik.

Alur cerita dan eksplorasi para pemain menjadi suatu bagian yang tidak penting dalam film ini, karena semua menjadi tenggelam dibalik decak kagum keberhasilan Emmerich untuk menuangkan imajinasinya menjadi suatu karya film. Banyak hal yang sebenarnya menjadi tidak logis dari film ini, tapi itu tidak penting bukan? Jadi simpan semua tanda tanya anda mengenai dasar penyebab bencana ini dan logika ilmiah dari peristiwa yang digambarkan didalam film ini, nikmatilah film ini sebagai sebuah karya hiburan, itulah resep untuk menikmati film ini. Seandainya Emmerich menutup film ini dengan suatu ending yang terbuka dan tidak cenderung mengikuti pola umum happy ending, mungkin film ini akan mempunyai nilai yang lebih baik

Review:  6/10

Tulisan ini pernah di publikasikan di rizanovara.wordpress.com

Explore posts in the same categories: movie review

Tags:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: