Mengenai Poster Film

Poster film, seperti halnya poster – poster promosi lainnya mempunyai fungsi sebagai media promosi atas sebuah film tertentu. Walau mungkin terbatas pemasangannya di areal seputar Cineplex saja, kadang desain poster film juga dijadikan identitas terhadap suatu film tertentu.

Disamping berfungsi sebagai suatu media promosi dan identitas suatu film, poster film sebagai suatu bentuk produk desain grafis, saat ini juga telah menjadi suatu bentuk karya seni. Suatu desain poster yang dibuat secara menarik, disamping mempunyai fungsi tertentu juga dapat menjadi suatu karya seni.

Biasanya untuk film-film yang berbudget besar, poster film pun dibuat dalam beberapa desain yang berbeda, disamping biasanya setiap negara bisa jadi mempunyai poster film yang berbeda, biasanya ada desain poster khusus yang dibuat sebagai teaser sebelum peluncuran film dimulai. Fungsi dari poster fim teaser ini adalah membangun perasaaan ingin tahu lebih lanjut dari orang – orang yang telah melihat poster ini.

Sebagai salah satu produk desain grafis, tentunya juga ada kaidah-kaidah tertentu dalam membuat desain poster ini, tapi dalam perkembangannya desain poster terus berkembang dengan ide ide yang jauh lebih maju, tanpa pernah melupakan fungsinya sebagai media promosi dan sebagai identitas suatu film. Suatu desain poster yagn baik harus dapat mewakili produknya, demikian juga suatu poster film, desain poster tersebut seyoganya harus mewakili tema cerita dari film yagn terkait. Kebanyakan poster film akan didominasi dengan foto (penuh atau sebagian) dari pemain utamanya atau gambaran mengenai peristiwa utama yang diangkat menjadi cerita film tersebut (khususnya mengenai film-film yang terkait dengan bencana). Walau tidak selalu memuat tema tersebut diatas, tapi memang tidak banyak poster film yang berbeda dengan kedua hal tersebut diatas.

Sebagai suatu bentuk yang mempunyai nilai seni dan mempunyai suatu fungsi tertentu sebagai media promosi dan identitas sebuah produk lainnya. Maka tidak mudah memberikan penilaian mengenai sautu poster film. Evaluasi terhadap suatu poster film selalu harus didasarkan pada dua hal yaitu fungsi dan nilai estetika (keindahan).

Fungsi

Penilaian suatu poster film harus diutamakan dari sisi fungsi dari poster itu sendiri. Sebagai suatu media promosi dan identitas dari suatu film, maka suatu poster film harus mampu mewakili produk filmnya itu sendiri (baik dari segi cerita maupun dari sisi lainnya).

Nilai Estetika

Disamping harus mampu mewakili produk film itu sendiri, poster film yagn mempunyai nilai estetika yang tinggi (indah) akan mempunyai nilai tambah, karena poster tersebut akan mempunyai daya tarik tersendiri bagi orang untuk melihat poster tersebut, membangun rasa ingin tahu dan bisa tetap melekat dalam ingatan orang, sehingga secara tidak langsung juga akan membuat orang untuk tetap mengingat film tersebut.

Tulisan ini juga dipublikasikan di rizanovara.wordpress.com

Explore posts in the same categories: poster review

Tags: ,

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: