Alistair MacLean

Mungkin bagi para penggemar novel fiksi perang,khususnya generasi 70 – 80 an nama Alistair Maclean bukanlah nama yang asing. Alistair memang tergolong salah satu penulis buku novel perang atau sejenis yang cukup produktif. Tidak kurang dari 30 buah novel karya Alistair Maclean yang telah dipublikasikan selama masa hidupnya. Dan tidak lebih dari 14 buah karyanya yang diangkat ke layar lebar.

Tidak banyak orang yang mengetahui latar belakang dari Alistair Maclean ini yang mempunyai nama asli adalah Alistaur Stuart MacLean (21 April 1922 – 2 Februari 1987). Lahir di Glasgow pada 21 April 1922, Alistair merupakan anak ketiga dari 4 bersaudara yang keseluruhannya adalah laki laki. Pada tahun 1941 Alistair bergabung dengan Angkatan Laut Inggris (Royal Navy) dan kemudian terlibat dalam pertempuran pada Perang Dunia II. Menjelang akhir Perang Dunia II, Alistair harus menghadapi kenyataan menjadi tawanan perang tentara Jepang. Setelah perang berakhir Alistair akhirnya dibebaskan dari penjara tentara Jepang di Singapura dan akhirnya dia kembali ke Inggris untuk melanjutkan sekolah dan berakhir menjadi seorang guru. Dalam menjalani pekerjaannya sebagai guru, Alistair mulai menulis cerita pendek untuk mendapatkan uang tambahan. Dan disinilah Alistair memulai karirnya sebagai seorang penulis novel ulung. Karya novel pertamanya adalah HMS Ulysses pada tahun 1955.

Ada beberapa karya Alistair yang diangkat ke layar lebar dan menuai sukses yaitu antara lain:

The Guns of Navarone (1957)
Diangkat ke layar lebar pada tahun 1961, dengan judul yang sama. Diperankan oleh Gregory Peck, David Niven dan Anthony Quinn, dengan sutradara J Lee Thomson. Film ini mencapai top box office dan mendapatkan Golden Globe Award dan nominasi film terbaik untuk piala Oscar. Film ini kemudian diikuti dengan sequelnya yang berjudul Force Ten From Navarone yang juga ditulis oleh Alistair Maclean pada tahun 1968.

Golden Rendezvous (1962)
Diangkat ke layar lebar pada tahun 1977, dengan judul yang sama. Diperankan oleh Richard Harris dan Ann Turkel dengan sutradara Ashley Lazarus.

Ice Station Zebra (1963)
Diangkat ke layar lebar pada tahun 1968 dengan judul yang sama. Diperankan oleh Rock Hudson, Ernest Borgnine dan disutradarai oleh John Sturges. Film ini juga mendapatkan nominasi Oscar pada tahun 1969 untuk kategori special effect dan sinematografi.

Where Eagles Dare (1967)
Diangkat ke layar lebar pada tahun 1968 dengan judul yang sama. Diperankan oleh Richard Burton, Clint Eastwood dan disutradarai oleh Brian G Hutton. Film ini mencapai kesuksesan dalam peredarannya dan berhasil meraup penghasilan sebesar USD 7 juta dollar, suatu pencapaian yang tinggi di masanya.

Force Ten From Navarone (1968)
Merupakan kelanjutan dari buku Guns of Navarone yang kemudian diangkat ke layar lebar pada tahun 1978 dengan judul yang sama. Diperankan oleh Robert Shaw, Edward Fox, Harrison Ford, Barbara Bach, Franco Nero dan disutradarai oleh Guy Hamilton.

Bear Island (1971)
Diangkat ke layar lebar pada tahun 1979 dengan judul yang sama. Diperankan oleh Donald Shuterland, Richard Widmark, Christopher Lee dan disutradarai oleh Don Sharp.

Breakheart Pass (1974)
Diangkat ke layar lebar pada tahun 1975 dengan judul yang sama. Diperankan oleh Charles Bronson, Jill Ireland, Richard Creena dan disutradarai oleh Tom Gries.

River of Death (1981)
Diangkat ke layar lebar pada tahun 1989 dengan judul yang sama. Diperankan oleh Michael Dudikoff, Robert Vaughn, Donald Pleasence dan disutradarai oleh Steve Carter.

Explore posts in the same categories: people behind success

Tags:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: