Film yang ditunggu bulan Mei

Bulan Mei ini merupakan bulan pertarungan beberapa film berbudget besar, setidaknya ada 3 film yang benar benar ditunggu tahun ini yang dirilis pada bulan Mei ini yaitu: Iron Man 2, Robin Hood dan Prince of Persia: The Sands of Time. Pertarungan 3 film lagi berbudget besar ini merupakan pertarungan besar, dan siapapun yang akhirnya menjadi pemenangnya dengan meraih posisi 1 box office bulan ini, yang pastinya para penggemar film laga bulan ini cukup dimanjakan setidaknya dengan kehadiran 3 film ini, yang mudah mudahan bisa hadir di Cineplex Indonesia sesuai dengan jadwal rilis internasionalnya.

Selain ketiga film besar tersebut, bulan Mei ini juga akan dimeriahkan dengan 1 buah film laga lainnya yang berjudul The Losers, yang mudah mudahan tidak menjadi film yang “kalah” pada bulan Mei ini. Berikut adalah ulasan atas film – film tersebut.

THE LOOSERS

Rilis Internasional: 23 April 2010
Pemain: Jeffrey Dean Morgan, Zoe Saidana, Idris Elba
Sutradara: Sylvain White
Produser: Joel Silver
Distribusi: Warner Bros

Film ini sesungguhnya dijadwalkan rilis Internasional pada akhir bulan April, tapi sepertinya baru akan masuk dan rilis di Indonesia diperkirakan pada bulan Mei 2010. Joel Silver bukanlah nama baru di industry film Hollywood, beberapa film laga yang telah diproduseri dan memeberikan kantung kantung dollar kepada Joel Silver antara lain adalah Lethal Weapon, Die Hard, Predator, Matrix dan banyak film lainnya. Dengan spesialisasi memproduksi film laga ini, kini Joel mengangkat kisah 5 orang pasukan khusus yang diterjunkan ke hutan Bolivia untuk suatu misi khusus yang ternyata berujung kisruh karena sebuah pengkhianatan dari seseorang yagn diperkirakan telah tewas. Film ini memang tidak untuk dipertarungkan dengan 3 film laga dengan super budget yang akan rilis pada bulan Mei ini, dan bermodalkan pemain yang belum mempunyai nama untuk “dijual” film ini menjadi cukup berat untuk dapat mengeruk keuntungan besar. Tetapi sebagai suatu film laga karya Joel Silver, film ini juga sayang untuk dilewatkan, khususnya bagi para penggemar film laga atau perang.

IRON MAN 2

Rilis Internasional: 7 Mei 2010
Pemain: Robert Downey Jr, Gwyneth Patrow, Don Cheadle, Samuel L Jackson, Mickey Rourke
Sutradara: Jon Favreau
Produser: Kevin Feige, Avi Arad, Susan Downey
Distribusi: Paramount Pictures
Budget: USD 200 juta

Menyambung cerita pada film terdahulu, dimana kedok siapa dibalik Iron Man telah terkuat, Tony Stark (diperankan Robert Downey Jr) menghadapi kehidupan yang penuh tekanan dari berbagi pihak yang mempunyai kepentingan terhadap teknologi yang berhasil dikembangkan oleh Stark, baik dari pihak militer, media, saingan usaha maupun dari seorang ilmuwan persenjataan asal Rusia dengan masing masing kepentingannya.

Masih disutradarai oleh Jon Favreau yang sadar betul bahwa membuat sequel suatu film mempunyai tantangan yang lebih besar, karena para penonton telah mempunyai referensi terlebih dahulu dan tentunya film sequel ini dituntut harus lebih menghibur dibandingkan dengan film sebelumnya. Budget dan teknologi yang dipergunakan pada film ini pastinya lebih dan saat ini sepertinya Iron Man menghadapi musuh yang “lebih” dibandingkan dengan film sebelumnya. Disamping hal – hal tersebut diatas yang membuat film ini “lebih” dibanding film sebelumnya, partisipasi lebih banyak actor dan aktris papan atas Hollywood juga menambah nilai positif bagi film ini.

Para pecinta film di Indonesia boleh berbangga hati, mengingat bahwa film ini sudah dapat dinikmati per tanggal 30 April 2010, 7 hari lebih awal dibandingkan dengan rencana rilis internasionalnya.

ROBIN HOOD

Rilis Internasional: 14 Mei 2010
Pemain: Russell Crowe, Cate Blanchett, William Hurt
Sutradara: Ridley Scott
Produser: Ridley Scott, Brian Grazer, Russell Crowe
Distribusi: Universal Pictures
Budget: USD 130 juta

Robin Hood adalah cerita rakyat yang telah berulang kali diangkat ke layar lebar, kini Ridley Scott mengangkat kembali kisah Robin Hood ini dengan kemasan yang berbeda. Dengan budget lebih dari 3 kali budget Robin Hood: Prince of Thieves yang diperankan oleh Kevin Costner, Scott berusaha menampilkan kembali kemegahan perang seperti yang pernah terjadi pada Gladiator. Pemilihan peran Russell Crowe ini sepertinya akan merubah figur Robin Hood yang romantic seperti yang telah diciptakan oleh Kevin Costner.

Cerita utama tentunya tidak akan terlalu jauh berbeda dengan cerita cerita Robin Hood sebelumnya, dimana benang merah utamanya adalah perlawanan terhadap kesewenang – wenangan yang dilakukan oleh penguasa. Beberapa yang konon berbeda pada film ini adalah Robin Hood disini konon lebih berperan sebagai pahlawan tunggal, dimana di cerita – cerita Robin Hood lainnya ada peran=peran pendukung seperti seorang pendeta, Little John dan lainnya. Dan yang juga menarik adalah pertempuran kolosal yang diciptakan oleh Ridley Scott pada film ini, sepertinya akan mengingatkan kita pada adegan pembuka dari Gladiator.

PRINCE OF PERSIA: The Sands of Time

Rilis Internasional: 28 Mei 2010
Pemain: Jake Gyllenhall, Gemma Arterton, Ben Kingsley
Sutradara: Mike Newell
Produser: Jerry Bruckheimer
Distribusi: Walt Disney Pictures
Budget: USD 130 juta

Tanggal rilis yang berada pada akhir Mei 2010 ini dapat menjadi salah satu kendala film ini untuk dapat mendapatkan perolehan pendapatan yang besar, mengingat bahwa sebelum film ini rilis setidaknya ada 2 film budget besar lainnya yang dirilis dalam waktu yang cukup berdekatan yaitu Iron Man 2 dan Robin Hood. Disamping bahwa nilai jual pemainnya yang juga “relative” belum mempunyai nama juga membuat film ini menambah “beban” untuk dapat menduduki posisi papan atas perolehan pendapatan. Sebaliknya nilai jual tertinggi dari film ini adalah nama besar Jerry Bruckheimer yang sudah tidak perlu diragukan lagi dalam memproduksi film – film laga yang berbobot seperti misalnya adalah The Rock, Bad Boys, Pirates of Caribbean, Armageddon, Gone in 60 seconds, Black Hawk Down, Pearl Harbor dan lainnya.

Para pencinta games tentunya sudah tidak asing lagi dengan Prince of Persia, sebuah games yang dirilis dan meledak pada akhir 80 an. Kini Jerry Bruckheimer bekerja sama dengan sutradara Mike Newell mencoba kembali mengangkat tema games ke layar lebar, sebelumnya sudah beberapa kali tema games ini diangkat menjadi film layar lebar, dan kenyataan nya sampai saat ini belum ada keberhasilan yang terjadi dengan konsep ini, sebut saja misalnya max payne, street fighter dan beberapa film lainnya. Tetapi bukan berarti sama sekali tidak ada kesempatan bagi Prince Persia untuk menuai sukses, setidaknya cerita yang unik dan dipegang oleh produser kawakan menjadi sesuatu modal dasar bagi film ini.

Cerita film ini konon lebih banyak mengadopt cerita dari 3 serial games Prince of Persia yaitu  Warrior Within, The Two Thrones dan The Sands of Time. Cerita berkisar tentang kehidupan seorang pencuri jalanan yang bernama Dastan (diperankan oleh Jake Gyllenhaal) yang kemudian diangkat menjadi pewaris tahta oleh raja Sharaman. Peristiwa ini menimbulkan kebencian pada putra kandung sang raja yang akhirnya menciptakan terjadinya konfilik dan tidak berhenti disitu konflik menjadi semakin rumit dengan hadirnya seorang bangsawan bernama Nizam (diperankan oleh Ben Kingsley) yang mengincar pisau belati milik Dastan yang konon merupakan peninggalan para dewa yang ternyata merupakan kunci yang dapat menembus waktu dan ruang.

Explore posts in the same categories: next most wanted movies

Tags: , , , , ,

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: