THE MEN WHO STARE AT GOATS: tentara paranormal versi Amerika

Rilis Internasional: 11 September 2009

Pemain: George Clooney, Ewan Mc. Gregor, Jeff Bridges, Kevin Spacey

Sutradara: Grant Heslov

Produser: Paul Lister, George Clooney, Grant Heslov

Distribusi: Overtune Films & Momentum Pictures

Budget: USD 24 juta

Genre: Black Comedy

Durasi: 94 menit

Sinopsis:

Film ini mengisahkan petualangan seorang reporter bernama Bob Wilton (diperankan oleh Ewan Mc. Gregor) yang awalnya ditugaskan untuk mewawancara seorang tentara yang konon mempunyai kemampuan paranormal. Tidak percaya atas apa yang didengar Bob tidak terlalu menganggap penting atas wawancara tersebut sampai akhirnya Bob berangkat ke Irak untuk meliput peperangan disana karena ditinggal oleh istrinya yang berselingkuh dengan eeditornya sendiri.

Tanpa disengaja Bob bertemu dengan seorang purnawirawan yang bernama Lyn Cassady (diperankan oleh George Clooney) yang mengaku sebagai salah seorang agen Amerika divisi paranormal. Sebuah divisi yang dikembangkan oleh Bill Django (diperankan oleh Jeff Bridges) setelah bertempur di Vietnam dan mengalami luka tembak. Luka tembak yang dialami Django mengilhami Django untuk menemukan strategi baru dalam berperang, yaitu dengan mempergunakan cara paranormal. Sekembalinya dari Vietnam ini Django dipercaya untuk memimpin departemen paranormal ini, dimana Lyn akhirnya menjadi bagian dan murid di departemen ini. Dalam proses latihan ini Lyn mengalami pelatihan untuk membunuh seekor kambing dengan cara berkonsentrasi dan melototi kambing tersebut. Hal ini bertentangan dengan hati nurani Lynn yang kemudian akhirnya memutuskan untuk keluar dari departemen paranormal tersebut.

Perjalanan Bob dan Lynn di Irak berakhir pada penyanderaan yang dilakukan oleh suatu kelompok di Irak, yang akhirnya mereka bisa terbebaskan dan akhirnya diselamatkan oleh tentara Amerika. Di kamp tentara Amerika ini mereka bertemu dengan Django yang akhirnya mereka membebaskan seluruh tahanan di kamp itu termasuk kambing – kambing yang selama ini dijadikan eksperimen atau “kambing percobaan”. Dan setelah itu Lynn dan Django melarikan diri entah kemana.

Review:

Film ini merupakan film komedi yang tanpa perlu melucu berhasil membuat kita tersenyum, dan film ini juga merupakan gambaran dari kesinisan terhadap perang yang melibatkan Amerika, baik perang Vietnam maupun perang di Irak. Kesinisan ini sangat terasa dari banyak adegan yang menampilkan tentara Amerika yang seakan jauh dari kata professional, baik yang terjadi pada perang Vietnam maupun perang di Irak. Peristiwa pertempuran Ramadi pun digambarkan sebagai pertempuran yang terjadi karena miskomunikasi yang terjadi diantara tentara Amerika sendiri. Begitu juga tema mengenai riset paranormal sebagai strategi alternative ini mempunyai nuansa kesinisan terhadap kedigdayaan tentara Amerika yang sangat ditunjang oleh keahlian dan teknologi tinggi, tapi toh ternyata tidak menunjukkan hasil yang memuaskan.

Film ini merupakan film komedi yang tidak mudah untuk dicerna, temponya yang cenderung lambat membuat film ini bukan merupakan pilihan film hiburan dan lebih tepat masuk kedalam kategori film festival. Dan “mungkin” hal ini juga yang menyebabkan film ini hanya tersedia di cineplex terbatas, disamping juga masalah bahwa film ini sudah cukup lama dirilis Internasional.

Didukung oleh banyak aktor papan atas, film ini sepertinya berhasil menyampaikan pesan kesinisan terhadap keterlibatan Amerika dalam beberapa perang yang terjadi.

Cerita: B

Pemain: B

Sinematografi: C

Special Effect: –

Keseluruhan: B-

Explore posts in the same categories: movie review

Tags: , ,

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: