PRINCE OF PERSIA: Satu lagi karya laga dari Jerry Bruckheimer

Rilis Internasional: 28 Mei 2010

Pemain: Jake Gyllenhaal, Gemma Arterton, Ben Kingsley, Alfres Molina

Sutradara: Mike Newell

Produser: Jerry Bruckheimer, Chad Oman, Eric Mcleod, Mike Stenson

Distribusi: Walt Disney Pictures

Budget: USD 200,000,000

Genre: Action – Adventure

MPAA Rating: PG 13, Remaja

Durasi: 115 menit

Sinopsis:

Di sekitar abad keenam, Kerajaan Persia terkenal sebagai salah satu kerajaan yang kuat. Dikisahkan seorang anak jalanan diangkat anak oleh Raja Persia bernama Raja Sharaman (diperankan oleh Ronald Pickup) yang kala itu berkuasa. Seorang anak jalanan tersebut akhrinya tumbuh dan menjadi seorang yang mempunyai keahlian dalam bertempur. Dastan (diperankan oleh Jake Gyllenhaal) adalah nama anak jalanan tersebut. Dan masa mudanya dilalui dengan pertempuran bersama 2 orang saudaranya yang merupakan anak kandung sang raja, Garsiv (diperankan oleh Toby Kebbell) dan Tus (diperankan oleh Richard Coyle). Ketiga putra raja ini selalu didampingi oleh adik kandung raja yagn bernama Nizzam (diperankan oleh Ben Kingsley)

Suatu saat Tus yang merupakan anak tertua raja memutuskan untuk menyerbu suatu kota suci yang konon membuat senjata untuk musuh – musuh kerajaan Persia. Penaklukan kota suci ini akhirnya memaksa Tamina, pemimpin kota tersebut untuk bertekuk lutut dibawah keinginan Tus untuk meminagnya menjadi istrinya, dengan maksud untuk menyatukan kepentingan dengan kerajaan Persia. Tindakan penyerbuan ini sesungguhnya tidak mendapatkan dukungan dari sang raja Sharaman. Tetapi akhirnya sang raja memaklumi pertimbangan dari putra tertuanya Tus.

Tanpa terduga sang Raja Sharaman harus meregang nyawa dengan cara yang tidak normal, raja Sharaman dibunuh. Dan yang menjadi kambing hitam atas peristiwa ini adalah Dastan, yang kemudian melarikan diri ditemani oleh Tamina. Peristiwa demi peristiwa akhirnya mengarahkan pada kesimpulan bahwa ada pengkhianatan berada dibelakang semua ini, dalam upaya merebut kekuasaan kerajaan Persia. Disamping itu sebuah badik yang selama ini disimpan oleh Tamina karena benda ini merupakan badik keramat yang dapat membuat seseorang melakukan perjalanan menembus waktu, juga menjadi benda yang diperebutkan

Perjuangan Dastan selanjutnya adalah meyakinkan saudara saudaranya bahwa dia tidak bersalah dan kemudian menyampaikan bukti bukti yang meyakinkan bahwa ada pengkhianatan dibalik ini semua. Perjuangan ini tidaklah mudah karena pengkhianat ini kemudian mengerahkan pasukan pembunuh bayaran yang dikenal sebagai Hassansin.

Review:

Walau minim dukungan dari artis papan atas, Newell dan Bruckheimer ternyata berhasil dengan baik menyuguhkan suatu tontonan laga yang berkelas. Terinspirasi dari sebuah game dengna judul yang sama, Newell dan Bruckheimer berhasil mentransformasikan Prince Persia kedalam bentuk sebuah karya layar lebar. Salah satu keberhasilan yang sangat mencolok adalah games Prince Persia pada kenyataannya didominasi oleh gerakan gerakan meloncat, lari, dan sebagainya, dan hal ini ditransformasikan dengan amat cantik dan luar biasa, ketika Dastan sebagai Prince of Persia dengan sangat handal berlari dan berlompatan ala “Yamakasi”. Suatu sungguhan yang memikat, melihat gerakan gerakan tersebut dengan latar belakang kehidupan di abad keenam.

Alur cerita mengalir dengan sederhana dan tetap mendapatkan bumbu romantisme ala Hollywood. Adegan demi adegan berjalan dengan tempo yang relatif cepat. Prince of Persia ini menjadi penutup bulan Mei yang indah, bulan yang dipenuhi oleh beberapa karya film laga yang saling bersaing.

Jerry Bruckheimer pernah menyatakan bahwa film ini tidak akan ada sequelnya dan hanya akan menjadi satu episode saja, apakah hal ini akan benar benar terjadi?

Apabila melihat potensinya yang cukup besar untuk dapat mengeruk keuntungan di film Prince of Persia ini, tentunya Bruckheimer perlu mempertimbangkan kembali pernyataannya tersebut.

Cerita: B+

Pemain: B

Sinematografi: B+

Special Effect: B

Keseluruhan: B+

Explore posts in the same categories: movie review

Tags: , ,

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: