INCEPTION: Kejahatan Dalam Mimpi

Rilis Internasional: 13 Juli 2010

Pemain: Leonardo DiCaprio, Ken Watanabe, Michael Caine, Tom Berenger

Sutradara: Christopher Nolan

Produser: Christopher Nolan, Emma Thomas

Distribusi: Warner Bros. Pictures

Budget: USD 160,000,000

Genre: Action Thriller

MPAA Rating:

Durasi: 148 menit

Sinopsis:

Tingkat peradaban manusia yang semakin tinggi ternyata juga berjalan seimbang dengan teknik kejahatan yang berkembang. Kejahatan dengan cara memasuki alam bawah sadar manusia kini bukanlah suatu kejahatan yang asing, karena sudah mulai banyak peristiwa ini terjadi. Cobb (diperankan oleh Leonardo Di Caprio) adalah seorang arsitektur dan perencana kejahatan dengan cara memasuki alam bawah sadar korbannya dan kemudian menciptakan suatu imajinasi tersendiri untuk membawa korbannya kedalam situasi yang diinginkan.

Dalam proyeknya yang terakhir, Cobb ternyata gagal untuk dapat “mencuri” pemikiran dari target korbannya. Sebaliknya malah sang calon korban yang merupakan seorang pengusaha Jepang bernama Saito (diperankan oleh Ken Watanabe), menawarkan Cobb suatu penawaran yang tidak dapat ditolak oleh Cobb. Cobb diminta untuk menanamkan suatu pemikiran yang nantinya akan menjadi pertimbangan utama bagi saingan bisnisnya untuk memutuskan suatu keputusan strategis perusahaan, yaitu membubarkan diri. Imbalan dari pekerjaan ini adalah Saito memberikan suatu jaminan kepada Cobb bahwa Cobb dapat kembali masuk ke Amerika Serikat, suatu yang memang menjadi harapan besar bagi Cobb, karena saat itu Cobb menjadi buron di Amerika Serikat karena tuduhan pembunuhan atas istrinya sendiri.

Tugas untuk menamkan pemikiran ini bukanlah hal yang mudah dan untuk itu Cobb harus merekrut sejumlah orang untuk memuluskan usahanya ini. Dan kali ini Cobb harus mesuk kedalam empat lapisan mimpi yang harus diciptakan dengan sangat sempurna. Mimpi dalam mimpi yang harus direncanakan dengan sanagt baik ini adalah merupakan hal yang sangat kompleks, apalagi ini harus dibuat dalam 4 level mimpi, dimana setiap level tersebut harus dijaga dengan baik. Kegagalan di satu level mimpi tentunya akan membuat semua nya berantakan.

Perencanaan yagn baik belum tentu menghasilkan suatu hasil yang baik, karena sesuatu belum tentu berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Memasuki alam mimpi dari saingan bisnis Saito yang bernama Robert Fischer (diperankan oleh Cillian Murphy) bukanlah hal yang mudah, karena Robert Fischer pun telah membentengi dirinya dengan kemungkinan terjadinya upaya kejahatan untuk memasuki alam bawah sadarnya. Proses yagn tidak mudah ini semakin kompleks dengan bayangan kematian istrinya yang terus menghantui pikiran Cobb.

Review:

Film ini bukanlah merupakan film hiburan ringan, butuh seidkit pemikiran untuk memahami lebih lanjut alur cerita yagn terjadi. Tidak banyak film saat ini yang bisa dikemas dengan baik seperti ini, walau film ini cukup kompleks tapi tetap dapat dinikmati. Detail detail adegan juga dipersiapkan dengan sangat baik, yang membuat film ini nyaris tanpa cela. Hanya saja sedikit kekurangan penjelasan dan uraian lebih lanjut mengenai konsep dasar bagaimana seseorang bisa menyatukan mimpinya dengan mimpi orang lain.

Sepertinya dalam (setidaknya) 2 film terakhir ini Leonardo DiCaprio mendapatkan tantangan yang berat untuk bermain dalam film film yang membutuhkan pemikiran dan menerawang bermain dalam pemikiran dan persepsi setiap penonton, dimana persepsi tersebut bisa sama tetapi juga bisa berbeda. Dan tidak ada yang pasti dalam ending cerita tersebut, semua tergantung persepsi dan sudut pandang penontonnya masing masing.

Cerita: A

Pemain: B

Sinematografi:-

Special Effect:

Keseluruhan: B+

Explore posts in the same categories: movie review

Tags: ,

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: