SALT: Penyusupan Agen Rusia di Amerika?

Rilis Internasional: 23 Juli 2010

Pemain: Angelina Jolie, Live Schreiber

Sutradara: Philip Noyce

Produser: Lorenzo di Bonaventura

Distribusi: Columbia Pictures

Budget: USD 110 juta

Genre: Action Thriller

MPAA Rating:

Durasi:  100 menit

Sinopsis:

Seorang agen CIA wanita yang bernama Evelyn Salt (diperankan oleh Angelina Jolie) untuk melakukan interogasi terhadap seorang agen Rusia yang “sepertinya” akan membelot ke Amerika. Agen Rusia tersebut menyebutkan bahwa Presiden Rusia yang sedang dalam kunjungan ke Ameriak Serikat untuk menghadiri pemakaman wakil presiden Amerika, akan dibunuh oleh seorang agen Rusia yang telah masuk ke Amerika, pembunuh tersebut bernama Salt. Kondisi ini membuat Salt dalam posisi yang sulit, yang akhirnya berujung pada pemburuan dirinya. Khawatir akan keselamatan suaminya akan dapat terancam, Salt berupaya untuk menyelamatkan suaminya tersebut dan perburuan terus berlangsung. Sampai akhirnya peristiwa yang tidak terduga terjadi, walau sudah mendapatkan kawalan yang sangat ketat dari pemerintah Amerika Serikat, ternyata pembunuhan presiden Rusia ini memang terjadi, dan ini meningkatkan ekskalasi ketegangan di antara kedua negara.

Salt dituduh menjadi aktor utama dalam peristiwa ini, dan merupakan hasil dari suatu program jangka panjang Rusia yang menyusupkan agen agen nya ke dalam tubuh organisasi intelejen dan organisasi penting lainnya di Amerika Serikat. Tapi benarkah Salt adalah pelaku utama serta apakah memang merupakan produk dari program Rusia tersebut, ternyata film ini tidak berakhir semudah itu.

Review:

Sebuah film spionase yang sangat baik yang didukung dengan alur cerita yang tersusun rapih, ketat dan dimainkan dengna tempo yang sangat cepat. Film ini mengingatkan kita pada film “serial” Bourne dimana seorang agen handal yang diburu buru oleh agency nya sendiri dan juga dimainkan dengan tempo yang cepat.

Kekuatan film ini ada pada alur ceritanya serta permainan yang prima dari Angelina Jolie. Walau mungkin alur cerita film ini relatif tidak mudah dicerna, tapi masih tetap enak untuk dinikmati dan juga didukung dengan tempo film ini yang cepat serta adegan laga yang masih dalam konteks masuk akal, membuat film ini tidak berkesan berlebihan, semua berjalan secara logis.

Angelina Jolie bermain dengan baik sebagai seorang agen handal yang cenderung untuk tetap tenang dalam menghadapi situasi yang sulit, tetapi diatas semua itu Jolie juga berhasil memerankan seorang Salt yang sangat khawatir terhadap keselamatan suaminya. Keseriusan Jolie dalam memerankan Salt ini juga ditunjukkan dengan memainkan sendiri beberapa adegan berbahaya di film ini.

Cerita: B +

Pemain: B+

Sinematografi: B

Special Effect:

Keseluruhan: B+

Explore posts in the same categories: movie review

Tags: ,

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: