SOCIAL NETWORK: Sebuah Film tentang Kejamnya Bisnis

Rilis Internasional: 1 Oktober 2010

Pemain: Jesse Eisenberg, Andrew Garfield, Justin Timberlake

Sutradara: David Fincher

Produser: David Fincher, Scott Rudin, Dana Brunetti, Michael De Luca, Cean Chaffin

Distribusi: Columbia Pictures

Budget: USD 50 juta

Genre: Drama

MPAA Rating: Remaja

Durasi:  121 menit

Sinopsis:

Film ini mencoba untuk mengisahkan sepenggal perjalanan hidup dari seorang anak muda yang bernama Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa “genius” yang berhasil menciptakan sebuah website yang kemudian mewabah ke seluruh dunia yang bernama www.facebook.com. Film ini diangkat dari sebuah buku yang berjudul “The Accidental Billionaires” karangan Ben Mezrich.

Diawali dengan adegan pacaran dari seorang Mark Zuckerberg yang ternyata berisi banyak dialog ilmiah yagn membosankan, dan kemudian berakhir dengan putusnya hubungan tersebut. Dan ternyata ini adalah sebuah langkah awal dari Mark untuk menciptakan sesuatu. Kekesalan atas putusnya hubungan tersebut membuat Mark membuat sesuatu web yagn membandingkan antara mahasiswi yang ada di kampusnya. Dan ini secara tidak terduga menciptakan traffic internet yang sangat tinggi dan akhirnya membuat Mark harus mendapatkan skorsing dari kampusnya.

Proses kreasi Mark tidak berhenti disitu, obsesinya untuk membuat sebuah web yang mengkaitkan antara mahasiswa di kampusnya, membuatnya terus berkarya untuk mewujudkan obsesinya tersebut. Dan kampus demi kampus akhirnya saling terhubungkan dan ini kemudian berkembang menjadi hubungan antara benua dan akhirnya kita ketahui bersama betapa besarnya facebook saat ini berkembang.

Film ini dibuat dengan lompatan – lompatan flash back yang justru flow dasarnya adalah mengenai gugatan yang disampaikan kepada Mark atas beberapa kasus, kasus tuduhan pencurian ide sampai masalah kepemilikan saham dari salah satu pendukung dana pada saat awal sebelum terbentuknya facebook tersebut, yang tidak lain dan tidak bukan adalah salah satu teman baik Mark sendiri.

Review :

Terlepas kontroversi bahwa cerita ini sebenar benarnya mengenai Mark yang membangun www.facebook.com ataukah adanya imajinasi semata, film ini bercerita tentang ketamakan dan betapa komitmen menjadi hal yang tidak penting dalam sebuah bisnis. Uang menjadi segalanya dan untuk itu apapun menjadi suatu hal yang sah untuk mencapainya. Sebuah bisnis yang dibangun tanpa value, dan ternyata berhasil. Karena memang mungkin bisnis tidak mengenal kawan atau lawan.

Film ini berhasil mengisahkan kejamnya bisnis. Ketika keuntungan berada jauh diatas nilai nilai, maka bisnis dapat menjadi sesuatu yang sangat kejam.

Cerita: A-

Pemain: A-

Sinematografi: C

Special Effect:

Keseluruhan: B+

Explore posts in the same categories: movie review

Tags: ,

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: