UNSTOPPABLE: Perjalanan Kereta Api tanpa Awak

Rilis Internasional: 12 November 2010

Pemain: Denzel Washington, Chris Pine, Rosario Dawson

Sutradara: Tony Scott

Produser: Tony Scott, Julie Yorn, Mimi Rogers, Eric Mc Leod, Alex Young

Distribusi: 20th Century Fox

Budget: USD 85 juta

Genre: thriller

MPAA Rating: remaja

Durasi: 98 menit

Sinopsis:

Film yang terinspirasi dari peristiwa sesungguhnya ini, terjadi di kota Fuller, bagian utara dari Pennsylvania. Pada suatu hari karena kelalaian seorang petugas kereta api, sebuah rangkaian kereta api yang membawa gerbong kimia berbahaya, tanpa disengaja meluncur dengan kecepatan tinggi tanpa awak satu pun juga.

Segala upaya telah dilakukan oleh otoritas kereta api di kota tersebut dan akhirnya juga melibatkan seluruh aparat pemerintahan kota setempat untuk melakukan segala upaya yang diperlukan untuk menghentikan kereta api tersebut, dan ternyata segala usaha tersebut menemui kegagalan.

Pada hari yang sama, seorang masinis senior yang bernama Frank Barnes (diperankan oleh Denzel Washington) harus berpasangan dengan seorang kondektur muda yang bernama Will Colson (Chris Pine) . Tidak mudah bagi kedua orang ini untuk saling bekerja sama, karena kedua orang tersebut mempunyai latar belakang yagn berbeda dan masing masing memiliki ego yang tinggi. Tanpa disadari Barnes dan Colson mempunyai jadwal untuk membawa rangkaian gerbong menuju arah yang berlawanan dengan rangkaian gerbong tanpa awak tersebut. Tabrakan antara kedua rangkaian gerbong yagn saling berlawanan arah dan berada pada rel yang sama ini, akhirnya berhasil dihindari, dan cerita tidak berakhir disitu.

Barnes berinisiatif untuk menghentikan rangkaian kereta tak berawak ini, karena pada akhirnya kereta ini menuju ke kota padat penduduk, dimana jalur kereta ini berada di tengah kota, dan mengingat bahan berbahaya yang terkandung pada gerbong rangkaian ini, maka rangkaian ini menjadi suatu ancaman yang serius bagi penduduk kota tersebut, sementara waktu untuk melakukan evakuasi tidaklah cukup.

Review :

Cerita yang sangat sederhana ini dibalut dengan sangat baik oleh Tony Scott yang berhasil menjaga tempo ketegangan dari saat awal dan akhirnya menjadi klimaks di akhir cerita. Walau sepertinya ini adalah film pertama Scott mengenai suatu tema yang sifatnya adalah tragedy atau bencana, tapi film ini menjadi salah satu film bencana yang cukup menarik dan enak untuk dinikmati.

Film ini merupakan kerjasama yang sudah kesekian kalinya antara Tony Scott dan Denzel Washington. Dan kembali kerjasama ini membuahkan suatu karya yang sayang untuk dilewatkan, walau dalam alur cerita ada beberapa hal yang kurang logis, tetapi hal itu tidak menjadi suatu gangguan yagn berarti bagi film ini.

Cerita: C+

Pemain: B-

Sinematografi:

Special Effect:

Keseluruhan: B-

Explore posts in the same categories: movie review

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: