SHAOLIN: Pertobatan Seorang Jendral Perang

Rilis Internasional: 27 Januari 2011

Pemain: Andy Lau, Nicholas Tse, Jackie Chan

Sutradara: Benny Chan

Produser: Benny Chan

Distribusi: Emperor Motion Pictures

Budget: USD  29 juta

Genre: action silat mandarin

MPAA Rating: dewasa

Durasi: 131  menit

Sinopsis:

Kisah perjalanan hidup seorang jendral perang China yang bernama Hou Jie (diperankan oleh Andy Lau) yang dikenal kejam dan berambisi untuk menguasai jajahan yang terus bertambah. Intrik dan kelicikan selalu mewarnai kepemimpinannya dan akhirnya Hou Jie menemuai batunya ketika pada akhirnya salah seorang tangan kanannya yang sangat dia percaya kemudian berkhianat dan mencoba untuk menggulingkan kekuasaan Hou Jie.

Tangan kanan Hou Jie yang bernama Cao Man (diperankan oleh Nicholas Tse) akhirnya berhasil menyingkirkan Hou Jie dari kekuasaan. Dan akhirnya Hou Jie tersingkir dengan bayaran yang sangat mahal, dimana putri tunggal Hou Jie harus tewas dalam upaya penggulingan kekuasaan yang dilakukan oleh Cao Man.

Hou Jie akhirnya menyingkir dan bersembunyi di Shaolin, tempat dimana sebelumnya Jie pernah menodai kuil tersebut. Dalam proses penyembuhan dan akhirnya meluangkan waktu cukup lama, Jie akhirnya memutuskan untuk menjadi seorang bhiksu. Sebuah keputusan yang mendapat sambutan oleh para bhiksu di shaolin tersebut, dan disini Jie memulai kehidupan barunya yang dijalani dengan penuh kedamaian. Jie dalam kiehidupannya di kuil ini berteman baik dengan seorang koki / juru masak di kuil tersebut (yang diperankan oleh Jackie Chan)

Tetapi kehidupan ini tidak berlangsung lama, bersamaan dengan waktu yang terus bergulir, Cao Man memerintah dengan penuh kekerasan, rakyat semakin ditindas dengan cara melakukan kerja paksa. Tanpa disengaja akhrinya Jie pun mulai merasa terpanggil untuk menghentikan kekejaman ini, dan akhirnya Cao Man pun menyadari bahwa Jie masih hidup dan tinggal di Shaolin.

Pertempuran akhir pun pecah, dimana Cao Man akhirnya menyerbu kuil Shaolin dan kemudian dihadapi oleh para bhiksu yang berusaha untuk mempertahankan kuil tersebut. Walau akhirnya kembali pertempuran ini harus dibayar mahal dengan hancurnya kuil Shaolin.

Review :

Suatu penggambar yang cukup baik mengenai perjalanan hidup seorang jendral yang kejam ditambah dengan nuansa kuil Shaolin yang sangat indah dan damai. Dan film ini tidak hanya sekedar mengeksploitasi pertarungan tetapi juga mengupas 2 sisi kehidupan manusia yaitu Kebaikan dan Kejahatan.

Andy Lau bermain dengan baik dan berhasil membawakan peran seorang Jendral, seorang ayah yang harus kehilangan putrid tunggalnya dan seorang bhiksu yang telah meninggalkan kehidupan duniawi. Sebuah sisi kebaikan dari kehidupan manusia.

Sementara Nicholas Tse berhasil bermain dengan sangat baik sebagai seorang muda yang penuh ambisi dan penuh kebencian yang terus tertanam dalam jiwanya

Porsi Jackie Chan dalam film ini tidaklah terlalu besar, walau tetap dengan kelucuannya, Jackie Chan berperan sebagai juru masak yang lugu yang mengaku tidak bisa silat.

Cerita: B

Pemain: B

Sinematografi: B

Special Effect: C+

Keseluruhan: B

Jadwal tayangnya dapat dilihat disini

Explore posts in the same categories: movie review

Tags: , , ,

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: