KING’S SPEECH: Kegagapan Seorang Raja

Rilis Internasional:  23 Desember 2010

Pemain: Colin Firth, Geoffrey Rush, Helena Bonham Carter

Sutradara: Tom Hooper

Produser: Iain Canning, Emile Sherman, Gareth Unwin, Geoffrey Rush

Distribusi: The Weinstein Company

Budget:  8 juta poundsterling

Genre: drama

MPAA Rating:

Durasi: 118  menit

Sinopsis:

Film yang konon diangkat dari kisah nyata ini berkisah tentang perjuangan seorang anak raja Inggris yang bernama Pangeran Albert, Duke of York (diperankan dengan sangat baik oleh Colin Firth). Pangeran Albert ini merupakan anak kedua dari Raja George V, sedangkan anak pertamanya adalah Pangeran David, Prince of Wales (diperankan oleh Guy Pearce).

Pangeran Albert ini memilki satu kelemahan dalam berkomunikasi, yaitu kekurang sempurnaan dalam berbicara (gagap). Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengatasi dan melatih kemampuan berbicaranya, tetapi tidak banyak membawa hasil yang memuaskan, dan ini akhirnya membuat Pangeran Albert sendiri nyaris putus asa dalam mengahadapi kendala ini. Sampai akhrinya istri Pangeran Albert, Duchess of York (diperankan oleh Helena Bonham Carter) menemui seseorang yang dapat membantu mengatasi hal ini, yaitu Lionel Logue (diperankan dengan sangat baik oleh Geoffrey Rush).

Permasalah menjadi jauh lebih serius karena kemudian Raja George V wafat, secara peraturan kerajaan maka anak pertama, Pangeran David, Price of Wales harus naik tahta menggantikan sang ayah, tetapi Pangeran David ini berencana untuk bercerai dan kemudian menikahi seorang janda, sesuatu yang sangat tabu baik dari keagamaan maupun tata karma kerajaan. David akhirnya menyerahkan kerjaaan Inggris ini kepada adik kandungnya Pangeran Albert untuk menjadi Raja Inggris berikutnya. Sesuatu hal yang tidak mudah bagi Albert untuk menjadi raja, karena kemampuan komunikasinya masih jauh dari kemampuan rata-rata.

Cobaan terberat adalah ketika Albert, sebagai raja Inggris, harus menyampaikan pidatonya kepada seluruh masyarakat, menyangkut rencana Inggris untuk melawan Jerman dalam Perang Dunia II. Sebuah pidato politik yang sangat penting dan bukanlah sebuah pidato pendek yang harus diucapkan sebaik mungkin, sebuah ujian dan tantangan yang dirasa sangat berat bagi Albert.

Review :

Kekurangan seseorang kadang menjadi sebuah ide yang dapat diangkat ke layar lebar, King’s Speech ini bukanlah film pertama yang mengangkat ide ini, sebelumnya beberapa film yang mengangkat ide serupa antara lain adalah Forrest Gump (yang berhasil mendapatkan Oscar), The Elephant Man, dsb.

Film ini mengangkat dua hal utama yaitu ego seorang raja dan perjuangan Albert, seorang raja Inggris, untuk dapat mengatasi kegagapannya dan berbicara dengan baik. Film ini dikemas dengan sangat baik dan dengan pengambilan gambar yang juga sangat indah. Disamping kedua hal tersebut, permainan yang hampir sempurna yang dilakoni oleh Colin Firth dan Geoffry Rush, membuat film ini memang menjadi sangat layak untuk dinominasikan beberapa kategori di ajang Piala Oscar.

Cerita: A-

Pemain: A

Sinematografi: A

Special Effect: –

Keseluruhan: A-

Explore posts in the same categories: movie review

Tags:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: