THE RAID: Laga Tanpa Basa Basi..!!!

Rilis Internasional: 8 September 2011

Pemain : Iko Uwals, Joe Taslim, Donny Alamsyah, Yayan Ruhiyan, Pierre Gruno, Ray Sahetapy

Sutradara: Gareth Evans

Produser: Ario Sagantoro

Distribusi: Celluloid Nightmares

Budget: USD 1.1 juta

Genre : Action

MPAA Rating:

Durasi: menit

Sinopsis:

Film dibuka tanpa basa basi dengan eksekusi kejam yang dilakukan oleh seorang penjahat kelas kakap bernama Tama Riyadi (diperankan oleh Ray Sahetapy). Tama bersembunyi bersama banyak penjahat keji lainnya disebuah gedung tak terurus di pusat kota Jakarta. Di dalam sebuah gedung 30 lantai ini berbagai gembong penjahat berkumpul, walau tidak semua penghuni gedung tersebut adalah para kriminal.

Sersan Jaka (diperankan oleh Joe Taslim) bersama Letnan Wahyu (diperankan oleh Piere Gruno) memimpin sekelompok kecil pasukan elite kepolisian yang mencoba untuk membekuk Tama sekaligus gembong penjahat lainnya di gedung tersebut. Tanpa diduga sebelumnya ternyata perlawanan yang diberikan oleh para penghuni gedung tersebut bukanlah sesuatu yang dapat diremehkan, satu persatu anggota kelompok kecil ini pun berguguran, tembak menembak terjadi sejak awal mereka menyerbu gedung tersebut. Dan ternyata serbuan ini berujung kepada sebuah keadaan dimana kelompok polisi elit yang jumlahnya terus menyusut ini seakan menjadi santapan dan buruan dari para penghuni gedung tersebut.

Sangat tidak mudah untuk keluar dari gedung tersebut, apalagi semua komunikasi mati dan operasi ini ternyata adalah sesuatu yang diluar pengetahuan markas besar POLRI. Operasi yang direncanakan untuk menangkap para gembong penjahat ini ternyata harus berubah menjadi sebuah operasi untuk menyelamatkan diri dari gedung tersebut. Walau akhirnya dengan kondisi yang terdesak akhirnya beberapa anggota polisi yang tersisa, dipimpin oleh Rama (diperankan oleh Iko Uwais) bertekad untuk terus maju dan memburu gembong utama di gedung tersebut, karena jalan mundur pun sudah tertutup.

Review :

Sebuah karya luar biasa dari anak negeri, yang dikemas dengan baik. Film dengan alur cerita yang sangat sederhana tetapi dikemas dengan cukup detail, walau ada kedodoran dari sisi teknis penyerbuan polisi, tetapi hal tersebut sama sekali tidak mengurangi kedahsyatan film laga ini.

Pengambilan gambar dilakukan dengan sangat baik, kemuraman gedung yang tidak terawat, muka-muka keji para penjagal manusia, berhasil divisualkan dengan cukup baik.

Adegan laga yagn terjadi dikemas dengan sangat menarik, bukan saja koreografinya yang direncanakan dengan sangat apik dan detail tetapi juga para pemainnya yang sepertinya memang orang orang yang terlatih untuk melakukan adegan tersebut seolah membuat kita lupa bahwa film ini adalah film Indonesia.

Hampir seluruh aktor berperan dengan sangat baik, beberapa aktor yang patut mendapatkan acungan jempol lebih adalah Ray Sahetapy, Iko Uwals dan Yayan Ruhiyan. Ray berhasil berperan sebagai seorang penjahat kelas kakap yang berdarah dingin. Iko Uwals juga berhasil memerankan karakternya sebagai seorang polisi muda yang tengah menunggu kelahiran anakknya dan juga secara mengejutkan harus bertemu dengan sang kakanda yang berdiri pada sisi kehidupan yang berbeda. Penjahat yang paling keji dan sangat ahli dalam bertarung berhasil diperankan oleh seorang Yayan Ruhiyan, pertarungan demi pertarungan yang dilakoninya menjadi sajian utama dari film ini.

Sebuah film yang membanggakan dan (mudah mudahan) mengangkat film Indonesia, khususnya film laga Indonesia, ke tidak hanya 1 tetapi 2 level lebih tinggi. BRAVO…!!!!

Cerita: B+

Pemain: A

Sinematografi: A

Special Effect:

Keseluruhan: A

Explore posts in the same categories: movie review

Tags:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: