THE AMAZING SPIDER-MAN: Sang “Spider Teen”

Rilis Internasional: 13 Juni 2012

Pemain : Andrew Garfield, Emma Stone, Rhys Ifans, Denis Leary, Campbell Scott, Martin Sheen, Sally Field

Sutradara: Mark Webb

Produser: Avi Arad, Laura Ziskin, Matt Tolmach

Studio: Marvel Entertainment

Distribusi: Columbia Pictures

Budget: USD 220 juta

Genre : superhero action

MPAA Rating: Remaja

Durasi: 136 menit

Sinopsis:

Dibuka dengan adegan yang menunjukkan Peter Parker (diperankan oleh Andre Garfiled) film ini seakan menginformasikan dari awal bahwa kisah ini merupakan kisah historis sang jagoan sejak dia masih kecil. Dimana Peter harus berpisah dengan kedua orang tuanya tanpa sebab yang jelas. Peter dititipkan kepada paman dan bibinya (yang diperankan oelh Martin Sheen dan Sally Field).Kehidupannya kemudian melompat kemasa remajanya, Peter dengan skate boardnya tidak terlalu mendapatkan perhatian dari teman-temannya, malah cenderung mendapatkan intimidasi dari temannya yang lain.

Keingin tahuannya mengenai keberadaan orang tuanya membimbing Parker untuk akhirnya terlibat dalam sebuah perusahaan besar bernama OsCorp, dan akhirnya dia bisa bertemu dengan salah seorang rekan kerja ayahnya yang bernama Dr, Curt Connors (diperankan oleh Rhys Ifans). Secara tidak sengaja Peter tersengat laba – laba berbisa, yang akhirnya akan membuat hidupnya berubah total setelah peristiwa itu.

Sementara itu kehidupannya pun mengalami perubahan ketika seorang gadis teman kelasnya bernama Gwen Stacy (diperankan oleh Emma Stone) membuka peluang untuk membina hubungan dengannya. Dan ternyata gadis ini adalah putrid dari kepala polisi Kapten George Stacy (diperankan oleh Denis Leary).

Tanpa sengaja Parker menemukan bukti – bukti bahwa Dr. Curt Connors tengah melakukan percobaan – percobaan mutasi gen yang akhirnya tanpa disengaja membuat dirinya pun bermutasi menjadi mahluk yang sangat membahayakan. Dan akhirnya Spiderman pun harus beraksi…

Review :

Cerita film ini mengingatkan versi pertama dari serial Spiderman yang diperankan oleh Tobey Maguaire. Cukup banyak perubahan yang dilakukan terhadap karakter Spiderman ini, seakan kita menemukan figure baru dari sosok superhero laba – laba ini.

Sikap yang cenderung arogan dan sombong, mungkin menjadi satu poin tersendiri yang bertolak belakang dengan sosok Spiderman yang dulu kita kenal cenderung interovert dan rendah diri. Kemudian proses yang tanpa suatu alasan yang jelas tiba – tiba Peter mengungkapkan jati dirinya menjadi poin berikutnya yang menggangu alur cerita, seakan sang superhero ini membutuhkan suatu aktualisasi diri sebagai seorang remaja, turut menambah tanda tanya berikutnya.

Diluar beberapa perubahan karakter yang sepertinya cenderung drastis ini, ada beberapa hal yang mengganggu antara lain adalah penggunaan kamera DSLR dengan negative film yang rasanya sudah tidak tepat dimasa kini, dimana hampir semua kamera telah mempergunakan sistem digital.

Film diakhiri dengan open ending yang dipersiapkan untuk menyambung dengan sequel berikutnya. Belum ada kabar lebih lanjut apakah Andrew Garfield akan kembali memerankan tokoh ini di episode selanjutnya, sepertinya postur tubuh yang terlalu kurus mungkin akan menjadi pertimbangan selanjutnya.

Cerita: D

Pemain: C-

Sinematografi:

Special Effect: B

Keseluruhan: D+

Explore posts in the same categories: movie review

Tags: , , , ,

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: