THE BOURNE LEGACY: … Sebuah Antiklimaks Dari Bourne

Rilis Internasional: 10 Agustus 2012

Pemain : Jeremy Renner, Rachel Weisz, Edward Norton, Joan Allen, Albert Finney

Sutradara: Tony Gilroy

Produser: Frank Marshall, Patrick Crowley

Studio: Relativity Media, The Kennedy/Marshall Company

Distribusi: Universal Pictures

Budget: USD 125 juta

Genre : Thriller

MPAA Rating: Dewasa

Durasi: 135 menit

Sinopsis:

Kali ini serial keempat “Bourne” justru mengisahkan seorang agen lain yang bernasib hampir sama dengan Bourne yaitu berusaha untuk disingkirkan karena kebijakan agency. Aaron Cross (diperankan oleh Jeremy Renner) adalah seorang agen yang bergerak untuk operasi – operasi intelejen yang non formal.  Dampak yang terjadi dari pengungkapan kegiatan operasi yang tidak resmi yang telah dilakukan oleh Bourne ternyata berdampak cukup serius terhadap CIA yang memutuskan untuk menutup semua operasi gelapnya.

Sejumlah agen rahasia terpaksa harus di eksekusi untuk menutup jejak langkah yang ada, termasuk juga terhadap Cross, yang ternyata bisa lolos dari upaya tersebut. Satu satunya masalah yang dihadapi oleh Cross adalah ketergantungannya terhadap obat-obatan yang sepertinya memang direncanakan sejak awal oleh CIA, agar dapat mengendalikan semua agennya.

Bersama degnan seorang peneliti yang bekerja dibawah kewenangan CIA yang bernama Dr. Marta Shearing (diperankan oleh Rachel Weisz), mereka berusaha untuk mengatasi ketergantungan Cross terhadap obat-obatan tersebut. Dan upaya tersebut akhirnya membawa mereka jauh ke Manila, yang kemudian berhasil diendus oleh CIA yang kemudian dengan segala upayanya untuk menghentikan dan menyingkirkan mereka berdua

Review :

Bourne Legacy ini adalah film keempat dari serial Bourne yang sebenarnya sama sekali tidak bercerita mengenai agen Bourne. Dan seperti ketiga film Bourne sebelumnya, film ini diangkat berdasarkan novel yang tidak lagi ditulis oleh Robert Lundlum (dimana ketiga serial Bourne sebelumnya Lundlum bertindak sebagai penulisnya).

Perbedaan yang mencolok sangat dirasakan di film ini jika dibandingkan dengan ketiga film sebelumnya. Sama sekali tidak mudah untuk melanjutkan serial ini dengan kondisi, pemain, sutradara dan sekaligus penulis cerita yang berganti dari ketiga serial Bourne sebelumnya. Dan sepertinya ekspektasi para penggemar Bourne tidaklah dapat terpuaskan di film ini.

Plot cerita (khususnya dalam paruh waktu awal) dari film ini sangatlah kompleks, dan tidak jelas arahnya mau kemana. Akan cukup membingungkan khususnya bagi para penonton yang tidak mengikuti serial Bourne yang sebelumnya. Film ini sedikit tertolong dengan adegan laga dan kejar mengejar yagn terjadi di kota Manila, yang ditata cukup apik. Sayangnya ini hanya terjadi pada paruh akhir dari film ini.

Dari sisi cerita juga sepertinya The Bourne Legacy ini menjadi sangatlah dangkal, karena semua akhirnya hanya bercerita tentang perjuangan Cross untuk mendapatkan obat atau menyembuhkan dirinya dari ketergantungan obat, hanya itu, Berbeda jauh dengan Bourne yang sebelumnya yang memiliki materi cerita lebih berbobot.

Banyak adegan yang sebenarnya tidak terlalu penting, dan malah banyak hal yang penting justru tidak terexplore dengan baik yang akhirnya meninggalkan pertanyaan dan menjadi sekeping potongan yang hilang dari sebuah puzzle Bourne Legacy

Cerita: C

Pemain: C

Sinematografi:

Special Effect:

Keseluruhan: C

Explore posts in the same categories: movie review

Tags: ,

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: