ARGO: Hollywood Menyelamatkan Amerika

ARGO_Main_Intl

Rilis Internasional: 12 Oktober 2012

Pemain : Ben Affleck, Bryan Cranston, Alan Arkin, John Goodman

Sutradara: Ben Affleck

Produser: Ben Affleck, George Clooney, Grant Heslov

Studio: GK Films, Smokehouse Pictures

Distribusi: Warner Bros

Budget: USD 44.5 juta

Genre : action

MPAA Rating:

Durasi: 120  menit

Sinopsis:

Diangkat dari sebuah kisah nyata yang terjadi pada tahun 1979 di Iran, setelah kejatuhan rezin Syah Iran, kerusuhan muncul di kota – kota besar di Iran, termasuk di ibukota Taheran. Salah satu tempat yang menjadi sasaran aksi rakyat Iran ini adalah Kedutaan Besar Amerika Serikat. Kebencian terhadap Amerika Serikat ini disebabkan karena negara ini mendukung kekuasaan Syah Iran yang dinilai tidak berpihak kepada rakyat banyak.

Penyerbuan ke kedutaan besar Amerika Serikat ini dilanjutkan dengan penyanderaan terhadap staf kedutaan besar yang tidak sempat melakukan evakuasi. Beruntung ada 6 orang pekerja di Kedutaan Besar ini yang berhasil meloloskan diri dan kemudian bersembunyi di Kedutaan Besar Canada. Persoalan ternyata belum selesai, karena mereka yang bersembunyi ini terus dicari oleh tentara yang kini berkuasa, sementara dilain sisi, mereka juga tidak dapat melarikan diri atau keluar dari Kedutaan Besar Canada. Sementara itu pemerintah Amerika sendiri tidak mempunyai banyak pilihan untuk menyelamatkan sandera maupun 6 orang yang berhasil bersembunyi di Keudtaan Besar Canada ini.

Adalah seorang Tony Mendez (diperankan oleh Ben Affleck) salah satu agent CIA yang diminta untuk mencari jalan menyelamatkan keenam orang yang terjebak di Kedutaan Besar Canada tersebut. Sebuah scenario yang tidak umum, muncul dikepala Mendez, yaitu membuat sebuah sandiwara rencana pembuatan film yang akan mengambil lokasi di Iran, sebuah film tentang penyerbuan Alien. Dengan scenario ini Mendez berencana untuk membawa keluar keenam orang yang terjebak di Kedutaan Besar Canada ini dengan kedok bahwa keenam orang ini adalah sebuah tim yang sedang mempersiapkan rencana shooting film tersebut.

Review :

Sebuah film thriller yang menarik (apalagi diangkat dari sebuah kisah nyata) dengan penggambaran yang membawa suasana ke tahun 70 an di Taheran, dimana masa itu merupakan masa pergolakkan jatuhnya rezim Syah Iran dan kemudian digantikan oleh Ayatollah Khomeini.

Film ini juga berhasil menggondol piala Oscar sebagai film terbaik, sebuah keputusan yang “mungkin” menimbulkan tanda tanya di pikiran banyak orang, Apakah memang layak film ini menjadi film Terbaik?, Film ini tidak buruk, tapi apakah memang ini yang terbaik?

Cerita: B+

Pemain: B+

Sinematografi: B+

Special Effect:

Keseluruhan: B+

Explore posts in the same categories: movie review

Tags:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: